8 Candi Di Jogja Yang Wajib di Kunjungi

Cerita Pake Wisata Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menjadi daya tarik destinasi wisata bagi wisatawan. Kota budaya yang satu ini memiliki sejuta wisata yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, hingga desa wisata masing-masing memiliki segudang destinasi yang wajib dikunjungi. Salah satunya wisata candi. Dari banyaknya candi yang tersebar di Indonesia, Yogyakarta merupakan salah satu provinsi dengan persebaran candi yang cukup banyak. Setiap candi memiliki keistimewaan tersendiri. Candi Buddha atau Hindu keduanya memliki ornamen dan relief yang masing-masing memiliki kisah. Peninggalan kerajaan mataram yang melekat menjadikan candi-candi yang ada di Yogyakarta beraliran Hindu, Prambanan misalnya. Namun selain wisata jogja ke Prambanan, banyak pula ditemukan situs bersejarah yang berestetika tinggi ini. Berikut adalah candi-candi di Yogyakarta yang dapat Anda jadikan tujuan wisata.

  1. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang
Paket Wisata Jogja

Paket Wisata Jogja

Selain Paket Tour Jogja Malioboro, candi Prambanan merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta warisan dunia UNESCO ini wajib dikunjungi wisatawan. Candi termegah dan terindah di Asia Tenggara ini tentu sudah mendunia.  Lokasi candi Prambanan terbilang cukup unik yakni untuk Candi Prambanan sendiri terletak di wilayah addministrasi desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, Sleman. Tetapi untuk pintu masuk candi Prambanan terletak di wilayah administasi kecamatan Prambanan, Klaten. Tiket masuk ke candi Prambanan bagi wisatawan domestik dewasa adalah Rp. 30.000, untuk anak-anak Rp. 12.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara kategori dewasa dikenakan tarif sebesar 18USD dan anak-anak sebesar 9 USD. Dengan keindahan dan kemegahanya, kompleks candi tour jogja Prambanan kerap dijadikan lokasi photoshoot, camping, maupun acara televisi seperti konser perayaan. Candi Prambanan dibuka dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

  1. Candi Sambisari
Paket Wisata Jogja

Paket Wisata Jogja

Paket Tour Jogja

Paket Tour Jogja

Sesuai namanya Candi Sambisari terletak di desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta. Candi ini ditemukan oleh seorang petani di desa Sambisari yang kemudian dijadikan nama untuk cadni tersebut. Jika biasanya candi satu dataran dengan wilayah, Candi Sambisari memiliki keunikan yaitu berada 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Tiket masuk Candi Sambisari adalah Rp. 5000 untuk setiap pengunjung. Dikelilingi oleh taman-taman dan rerumputan hijau, candi Sambisari juga menjadi pilihan lokasi fotografi yang apik. SewaMobildiJogja.net siap mengantar anda berkunjung candi Sambisari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

  1. Candi Ijo
Sewa Mobil di Jogja

Sewa Mobil di Jogja

Keunikan candi Hindu juga dimiliki oleh Candi Ijo. Letaknya yang diatas bukit, candi Ijo menjadi candi tertinggi di kawasan candi Yogyakarta. Persisnya di desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, candi Ijo kerap dikunjungi wisatawan yang ingin berburu sunset. Untuk memasuki candi Ijo ini tidak dikenakan tarif alias gratis. Sehingga candi Ijo banyak dikunjungi wisatawan untuk mengenal sejarah maupun sekedar berfoto dan menunggu sunset. Candi Ijo dibuka dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

  1. Candi Kalasan
Tour ke Jogja

Tour ke Jogja

Candi Kalasan yang juga dijuluki candi Kalibening bertempat tidak jauh dari candi Prambanan yaitu hanya berjarak 2 km. Walaupun berdekatan dengan candi Prambanan, Candi Kalasan bukanlah candi Hindu melainkan candi Budha.  Harga tiket masuk candi Kalasan dibandrol seharga Rp. 5000 untuk semua pengunjung. Candi Klasan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

  1. Candi Plaosan
SewaMobildiJogja.net

SewaMobildiJogja.net

Candi Plaosan merupakan merupakan candi yang berada di kompleks percandian Prambanan yaitu berada sekitar satu kilometer ke arah timur laut dari Candi Sewu atau Prambanan. Kategori candi Plaosan adalah candi Buddha yang memiliki dua area yang disebut Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Harga tiket masuk candi Plaosan senilai Rp. 5000 untuk semua kalangan. Candi Plaosan dibuka mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

 

  1. Candi Sewu
Jalan wisata ke jogja

Jalan wisata ke jogja

Lokasi candi Sewu secara administratif berada di desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Candi Sewu atau yang juga dikenal dengan Manjusrighra merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah candi Borobudur. Lokasi cadni sewu ini berjarak sekitar 800 meter dari candi Prambanan. Disebut “sewu” yang dalam bahasa Jawa berarti seribu seolah menggambarkan banyaknya candi yang berada di kompleks ini yaitu 249 candi. Penamaan “sewu” juga melibatkan kisah legenda Roro Jonggrang yang lebih dikenal di cerita candi Prambanan. Tiket masuk candi Sewu sebesar Rp. 30.000. Candi Sewu dibuka dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

 

  1. Candi Ratu Boko
Tour & Traveling ke Jogja

Tour & Traveling ke Jogja

Candi Ratu Boko merupakan candi yang letaknya tidak jauh dari kawasan candi Prambanan yaitu sekitar 3 km ke arah selatan. Tepatnya satu arah sebelum berkunjung ke candi Ijo. Candi Ijo berada 196 meter dari permukaan laut. Kisah candi ini juga masih berkaitan dengan kisah Roro Jonggrang. Nama Ratu Boko (Baka) dalam bahasa Jawa artinya raja bangau yang disebut sebagai ayah dari Roro Jonggrang. Sehingga kompleks candi Ratu Boko disebut sebagai kraton atau istana. Situs candi Ratu Boko berada di dua wialyah yaitu di dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Prambanan, Sleman. Situs warisan dunia dari UNESCO ini sudah banyak dikunjungi wisatawan, photoshoot, bahkan untuk pembuatan film. Harga tikeet masuk untuk usia dibawah 6 tahun senilai Rp.10.000 sedangkan diatas usia 6 tahun dikenakan harga Rp. 25.000 serta untuk wisatawan asing senilai 13USD. Candi Ratu Boko dibuka mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

  1. Candi Banyunibo
Paket Tour Wisata Jogja

sumber : wikimedia.org

Candi Banyunibo merupakan candi dalam satu kompleks percandian Prambanan-Ratu Boko-Candi Ijo. Lokasi candi Banyunibo berada di dusun Cepit Bokoharjo, Prambanan Sleman, Yogyakarta. Arti kaya Banyunibo diambil dari bahasa Jawa yang berarti “air jatuh atau meretas”. Walaupun tidak ada air yang jatuh dari candi Buddha ini, namun relief dan ornament yang terdapat pada candi cukup menarik wisatawan. Berkunjung ke candi Banyunibo tidak dikenakan tarif atau gratis. Jam buka Candi Banyunibo dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian 8 candi yang terdapat di Yogyakarta. Semoga bisa menjadi pilihan destinasi paket wisata  jogja dan tour jogja Anda bersama pasangan ataupun keluarga. Selamat berlibur dan selamat datang di Jogja.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.