6 Jajanan Di Jogja Yang Recommended. Nomor 2 Pasti Tahu

www.sewamobildijogja.net – Jajanan di Jogja yang turut menjadi barisan kuliner nusantara kini mulai ‘in’ kembali sejak para netizen mengupload makanan-makanan tradisioal yang keberadaannya sudah mulai langka. Banyak wisatawan yang kini justru lebih menyukai makanan tradisional dari pada makanan modern ala luar negeri. Berikut adalah jajanan pasar yang diburu wisatawan saat berlibur di Jogja.

1. Cenil

Sumber: http://corelita.com

Sumber: http://corelita.com

Cenil merupakan makanan yang dari pasukan jajanan pasar khas Jogja yang menggunakan sari pati singkong dan juga ketela pohon. Cenil sendiri memiliki keunikan bentuk yang membuat menarik seperti lonjong dan bulat dengan ragam warna. Oleh karena itu jajanan ini menjadi sangat mencolok dan biasanya cenil menjadi semakin nikmat dengan taburan kelaa parut dan gula. Tidak perlu repot untuk menikmati jajanan ini karena di pasar tradisional telah ada banyak jajanan tradisional seperti di Pasar Beringharjo dan Pasar Legi Kotagede.

2. Klepon

http://www.seasaltwithfood.com

Sumber: http://www.seasaltwithfood.com

Klepon menjadi makanan yang juga telah diincar oleh wisatawan. Klepon yang berbentuk bulat dan seringkali berwarna hijau ini diisi oleh gula Jawa yang akan meleleh di mulut. Rasa yang lezat dan manis ini sangat cocok dan rekomen untuk para pecinta makanan manis. Salah satu yang bisa dituju adalah Pasar Beringharjo.

3. Thiwul

Sumber; https://macipower.wordpress.com

Sumber; https://macipower.wordpress.com

Tiwul, makanan khas Gunungkidul ini juga hampir mulai disingkirkan, padahal makanan ini menjadi makanan khas kala penjajahan Jepang. Meskipun sudah tidak menjadi makanan utama lagi namun di kota gudeg ini masih bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional.

4. Kipo

Source: sobatjogja.com

Source: sobatjogja.com

Kipo yang berasal dari istilah ‘iki opo’ juga salah satu jajanan yang kerap diburu oleh banyak wisatawan. Yang menjadi incaran makanan ini adalah makanan yang terbuat dari ketan, gula garam, santan, dan pewarna dari pandan ini telah menjadi makanan yang nikmat untuk menjadi cemilan. Selain itu, Kipo juga bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh untuk keluarga.

5. Jadah Manten

Source: klikdapur.com

Source: klikdapur.com

Jadah manten juga turut menjadi salah satu kuliner yang telah banyak dicari. Biasanya makanan ini telah menjadi makanan yang perlu dibawa seorang pria yang akan mendatangi rumah mempelai wanira. Rasanya jangan ditanya. Karena sudah pasti nikmat dan lezat. gurihnya ketan telah menjadi incaran makanan tradisional oleh banyak wisatawan.

6. Krasikan

Source: www.jawaban.com

Source: www.jawaban.com

Krasikan merupakan makanan khas yang juga telah tersaji dengan keunikan rasa. Tekturnya memang kasar namun rasanya manis dan legit. Penggunaan bahan bakunya adalah beras ketan dan juga kelapa parut yang telah disangrai, kemudian dipadukan dengan santan dan gula Jawa yang turut menjadi kenikmatan haqiqi.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.