5 PECEL ENAK DI JOGJA. NOMOR 3 PASTI TAHU NIH!

5 PECEL ENAK DI JOGJA. NOMOR 3 PASTI TAHU NIH!

www.sewamobildijogja.net – Hidangan kuliner nusantara memang selalu menggugah selera. Tidak sedikit penggila kuliner khas maupun kuliner kekinian. Apalagi jika ragam kuliner tersebut masih dekat dari jangkauan dan aman di kantong. Seperti adanya pecel. Pecel merupakan salah satu salad Indonesia ini telah ada sejak dahulu. Di Jogja sendiri yang disebut sebagai kota kulineran memiliki rekomendasi pecel enak yang sayang untuk dilewatkan. Adapun pecel enak di Jogja tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Pecel Bu Ramelan

Pecel enak di Jogja pertama adalah Pecel Bu Ramelan. Warung pecel satu ini memang sudah tidak asing lagi. Keberadaannya ini sudah ada sejak tahun 1983 lho. Mungkin terbilang sudah cukup lama tapi masih tetap eksis hingga di abad 21 ini. Mulanya pecel Bu Ramelan berada di Pasar Demanga dan kini sudah pindah di Timur Hotel Ambarukmo.

Instagram: @titin_sumarni

Instagram: @titin_sumarni

Keunikan dari pecel bu Ramelan ini adalah rasanya yang gurih asin tidak manis seperti pecel pada umumnya di Jogja. Pecelnya ini rupanya mengadopasi resep dari Magetan Jawa Timur. Tidak salah lagi jika pecel bu Ramelan ini menjadi salah satu pecel enak di Jogja.

Alamat           : Jalan Laksda Adisucipto Km 6 No. 2

Harga : 6K

  1. Pecel Wader Pak Bejo

Pecel enak di Jogja berikutnya adalah warung pecel Pak Bejo ini cukup unik lho yakni adanya ikan wader sebagai ciri khasnya. Selain isian pecel yang komplit disiram bumbu kacang, ada rasa gurih dari ikan wader yang digoreng kering.

IG: @hrume_dh

IG: @hrume_dh

Pecel yang sudah berdiri sejak tahun 1978 ini mulanya hanya berjualan es campur, namun kemudian berkembang berjaulan makanan dan salah satu yang menjadi ikon adalah pecel wader ini.

Alamat           : Dusun Wiyoro, Desa Baturetno, Banguntapan, Bantul

Harga : 12K

  1. Pecel Baywatch

Uniknya di pecel ini adlaah namanya yang disebut Baywatch. Kenapa demikian? Pasalnya sang penjual pecel yakni Mbah Warno berjualan hanya menggunakan baju kutang ala Jawa. Panasnya Bantul dan pelanggan yang menghampiri memangsangat cocok untuk hanya mengenakan Kutang tersebut. Oleh karena mbah itu banyak yang menyebutkan pecel ini dengan sebutan Baywatch karena mirip dengan serial Baywatch. Khasnya adalah adanya kembang Turi yang turut menjadi komposisi pecelnya.

Instagram: @pesonajogja

Instagram: @pesonajogja

Alamat           : Dusun Semanggi, Sembungan, Kasihan, Bantul

Harga :  3K-15K

  1. Pecel Kembang Turi Sudaryani

Mirip dengan Pecel Baywatch Mbah Warno, pecel ini juga menyediakan pecel dengan menu kembang turi sebagai komposisinya. Namun sayuran lainnya yang menjadi tambahan adalah kecipir, bayam, kacang panjang, tauge, mentimu, dan yang semuanya disiram oleh sambal kacang. Selain itu yang khas lagi adalah adanya peyek sebagai teman makan. Selain itu, masih ada teman makan lainnya seperti tahu dan tempe bacem, ayam goreng, hingga telur.

Instagram: @ratnakur

Instagram: @ratnakur

Alamat           : Area Terminal Imogiri, Bantul (Dekat dengan kompleks makam Raja Mataram)

Harga : 5K

  1. Pecel Brongkos Warung Handayani

Warung Peccel Brongkos Handayani ini juga telah terkenal sejak lama karena sudah ada sejak tahun 1975. Pecel yang menggunakan perpaduan bayam, daun kenikir, tauge, kacang panjang disiram dengan sambal kacang. Lebih nikmatnya lagi apabila ditemani dengan tempe goreng atau perkedel.

Instagram; @dodihondajogja

Instagram; @dodihondajogja

Alamat           : Jl. Gading No. 2 (Alun-alun Selatan Yogyakarta)

Harga             : Mulai dari 7,5K

Demikian 5 rekomendasi pecel enak di Jogja. Sahabat pecel yang terkenal seperti Lotek juga tidak kalah nikmat. Sesama salad Indonesia ini mereka memiliki khasnya. Lotek enak di Jogja juga bisa menjadi alternatif kuliner yang bisa kamu buru untuk menikmati menu sayuran rasa salad dengan siraman bumbu kacang. Baik pecel maupun lotek, tinggal masalah selera aja, karena secara konsepnya sama. Mau makan Lotek tersebut saat selesai tour di Jogja bersama kami? Bisa. Wisata Jogja memang selalu membuat rindu 🙂 selamat berkuliner.

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.