10 Wisata Goa Gunung Kidul Yang Paling Menarik

Sewamobildijogja.net – Setiap kabupaten yang ada di Yogyakarta masing-masing memiliki daya tarik wisata yang diunggulkan. Dari ke lima kabupaten yang ada di Yogyakarta, Gunungkidul merupakan kabupaten yang memiliki potensi wisata alam favorit bagi pengunjung. Selain pantai hal wajib yang perlu Anda ketahui adalah wisata Goa. Dilansir dari Data Potensi Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul Tahun 2012, Gunungkidul memiliki 62 Goa yang teridentifikasi.

Dan dimungkinan dari luas wilayah Gunungkidul masih banyak goa-goa yang belum teridentifikasi. Setiap goa yang ada tentu memiliki keeksotisan masing-masing. Gunugkidul merupakan pegunungan karst yang memiliki beragam goa kaya akan stalaktit dan stalakmit yang berusia ratusan tahun dan bahkan mungkin ribuan tahun
Berikut adalah 10 Goa alam yang sedang banyak diminati para turis.

10 Wisata Goa Gunung Kidul Yang Paling Menarik

wisata goa gunung kidul

  1. GOA PINDUL

Goa Pindul merupakan Goa pertama yang keberadaannya paling eksis. Terletak di kecamatan Karangmojo tepatnya di dusun Gelaran, Bejiharjo, Goa Pindul merupakan satu dari tujuh Goa yang dialiri sungai bawah tanah. Akses menuju Gunungkidul juga mudah. Sepanjang jalan Yogyakarta-Wonosari dan Wonosari-Semin banyak terdapat papan petunjuk dan arah menuju Goa Pindul. Memiliki panjang sekitar 300m, lebar 5m, kedalaman air sekitar 5m, dan jarak permukaan air denggan atap goa sekitar 4m. Di salah satu bagian Goa terdapat lokasi yang cukup lebar seperti kolam luas.

  1. GOA JOMBLANG dan GOA GRUBUG

Goa Jomblang merupakan Goa yang menjadi destinasi wisata pilihan berikutnya yang dikunjungi turis. Berbeda dari Goa Pindul yang dialiri sungai, Goa ini tidak dialiri sungai akan tetapi telihat menakjubkan ketika cahaya masuk ke dalam goa melalui celah goa dan orang menyebutnya cahaya dari surga. Goa Jomblang Goa yang tepatnya berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul merupakan goa vertikal sedalam +/- 60m dengan hutan purba yang rapat di dasarnya.

  1. GOA RANCANG KENCONO

Rancang Kencono merupakan goa purba sejajar dengan Goa Braholo yang terdapat di Kecamatan Rongkop, hal ini didasarkan pada penemuan artefak dan tulang belulang yang diperkirakan hidup pada ribuan tahun yang lalu. Goa yang mempunyai ruangan luas dan lapang dengan pohon klumpit (Terminalia edulis) yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 abad ini pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada saat menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena digunakan untuk merancang strategi demi tujuan mulia maka goa ini dinamakan Goa Rancang Kencono. (Sumber: Buku Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta

  1. GOA KALISUCI

Cave Tubing Kalisuci adalah destinasi yang sedang digemari wisatawan. Di goa ini wisatawan akan merasakan rafting di aliran sungai berwarna biru kehijauan. Hampir sama dengan Goa Pindul, Goa ini merupakan salah satu goa yang dialiri sungai bawah tanah.

  1. GOA GREMENG

Goa Gremeng adalah goa berikutnya yang dialiri sungai bawah tanah. Layaknya Kalisuci dan Goa Pindul, di Goa ini pesona alam dan sensasi rafting cukup menarik wisatawan. Menyusur goa dan melihat ornamen goa sepanjang susuran menajdi pengalaman tersendiri bagi pecinta tantangan alam.

  1. GOA SRITI

Terletak di dusun Karangmojo, Desa Bejiharjo, Karangmojo, go Sriti berdekatan dengan wisata goa Pindul yaitu bagian barat goa berjarak 500meter. Panjang goa Sriti sekitar 359meter dan dikelilingi stalaktit dan stalakmit yang terus terbentuk dari ratusan tahun yang lalu.

  1. GOA SENEN

Pemandangan stalaktit dan stalakmit di Gunung Senen, Girisubo, tidak kalah luar biasa dengan goa yang ada di karst Gunungkidul. Luar biasanya lagi, akses untuk menuju Goa vertical ini dapat dikatakan cukup terjal karena penyusuran goa Senen menggunakan teknik rappelling dan SRT (Single Rope Technique)

  1. GOA COKRO

Goa cahaya surga kedua setelah goa Jomblang. Begitu masyarakat menyebut Goa Cokro atau Goa Luweng ini. Lokasi goa yang berdekatan dengan Goa Jomblang ini memiliki daya tarik tersendiri. Untuk masuk ke dalam Goa, wisatawan harus melakukan teknik rappelling dan SRT. Lorong goa ini terbagi atas dua lorong yakni 50 meter dan 250 meter. Walaupun cukup sulit, goa vertikal dengan kedalaman 18 meter, bibir goa 1m, dan dasar goa sekitar 20 meter, akan tetapi keindahan goa Cokro ini membayar lunas susah payah Anda memasuki goa cahaya surga kedua.

  1. GOA SEROPAN

Goa Seropan terletak di desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta dan mempunyai panjang 800 meter. Seperti goa yang ada di Gunungkidul, goa Seropan memiliki keindahan stalaktit dan stalakmitnya. Pada percabangan lorong, sungai bawah tanah siap menyambut dengan debit air yang besar yaitu 750liter per detik dan digunakan sebagai pembangkit listrik dengan microhydro technologi. Yang paling menakjubkan lagi adalah ketika Anda menyusur goa, anda akan menemukan air terjun di dalam goa!

  1. GOA MARIA TRITIS

Goa Maria Tritis merupakan goa yang berbeda dari goa lain yang ada di gunugkidul. Pasalnya, goa yang berlokasi di dusun Bulu, Gunungkidul, Wonosari ini merupakan goa yang digunakan untuk kegiatan spiritual umat Katolik. Walaupun pada awalnya terkenal angker, namun dewasa ini goa Maria Tritis telah menjadi tujuan peziarah umat Katolik untuk berdoa sehingga fasilitas dan nuansanyapun berbeda daripada goa lain yang ada di Gunungkidul.

Sebagai referensi wisata goa selain yang telah disebutkan di atas, berikut adalah 62 Goa dari Data Potensi Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul Tahun 2012.
1. Sigolo-golo – Giriasih, Kec. Purwosari
2. Langse – Giricahyo, Kec. Purwosari
3. Cemplong – Giricahyo, Kec. Purwosari
4. Jlamprong – Giricahyo, Kec. Purwosari
5. Tapan – Girijati, Kec. Purwosari
6. Suci – Girijati, Kec. Purwosari
7. Dagang – Girijati, Kec. Purwosari
8. Sumurup – Giritirto, Kec. Purwosari
9. Ploso – Giritirto, Kec. Purwosari
10. Cerme – Giritirto, Kec. Purwosari
11. Kesirat – Girikarto, Kec. Panggang
12. Gebangtinatar – Giriharjo, Kec. Panggang
13. Kaligede – Giriharjo, Kec. Panggang
14. Banyaksogo – Giripurwo, Kec. Purwosari
15. Cikal – Girisekar, Kec. Panggang
16. Watukebo – Girimulyo, Kec. Panggang
17. Gebang – Girisuko, Kec. Panggang
18. Sodong – Giriwungu, Kec. Panggang
19. Banteng – Krambilsawit, Kec. Saptosari
20. Ngobaran – Kanigoro, Kec. Saptosari
21. Rancang Kencono – Bleberan, Kec. Playen
22. Nogosari – Plembutan, Kec. Playen
23. Dengok – Dengok, Kec. Playen
24. Maria Tritis – Giring, Kec. Paliyan
25. Grengseng – Kemadang, Kec. Tanjungsari
26. Nguluran – Banjarejo, Kec. Tanjungsari
27. Kedokan – Sumberwungu, Kec. Tepus
28. Slili – Sidoharjo, Kec. Tepus
29. Sundak – Sidoharjo, Kec. Tepus
30. Toto – Ngeposari, Kec. Semanu
31. Semuluh – Ngeposari, Kec. Semanu
32. Ngreneng – Ngeposari, Kec. Semanu
33. Jlamprong – Ngeposari, Kec. Semanu
34. Jomblang – Ngeposari, Kec. Semanu
35. Gesing – Ngeposari, Kec. Semanu
36. Sinden – Ngeposari, Kec. Semanu
37. Ngrancah – Candirejo, Kec. Semanu
38. Bribin – Dadapayu, Kec. Semanu
39. Kalisuci – Pacarejo, Kec. Semanu
40. Wotlemah – Pacarejo, Kec. Semanu
41. Gedilan – Pacarejo, Kec. Semanu
42. Grubug – Jetis, Kec. Semanu
43. Ceblog – Pucanganom, Kec. Rongkop
44. Braholo – Semugih, Kec. Rongkop
45. Ngricik – Melikan, Kec. Rongkop
46. Ngerong – Karangwuni, Kec. Rongkop
47. Greweng – Jepitu, Kec. Girisubo
48. Pindul – Bejiharjo, Kec. Karangmojo
49. Glatik – Bejiharjo, Kec. Karangmojo
50. Longop – Ngipak, Kec. Karangmojo
51. Sioyot – Bejiharjo, Kec. Karangmojo
52. Seropan – Gombang, Kec. Ponjong
53. Gremeng – Umbulrejo, Kec. Ponjong
54. Lowo – Umbulrejo, Kec. Ponjong
55. Cokro – Umbulrejo, Kec. Ponjong
56. Songgilap – Kenteng, Kec. Ponjong
57. Paesan – Tambakromo, Kec. Ponjong
58. Gadung – Pundungsari, Kec. Semin
59. Pari – Karangtengah, Kec. Wonosari
60. Bening – Karangtengah, Kec. Wonosari
61. Ngingrong – Mulo, Kec. Wonosari
62. Mangir – Kec. Girisubo

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.