10 Kuliner di Jogja Yang Paling Menggoda

Sewamobildijogja.net – Berwisata di Yogyakarta tidaklah lengkap jika tidak bersantap kuliner yang sangat beragam. Mulai dari kuliner khas Yogyakarta, maupun kuliner modifikasi yaitu kuliner kekinian. Hasil kreativitas pengolahan makanan oleh warga Yogyakarta tentu menjadikan Yogyakarta tempat wisata yang meninggalkan kesan untuk ingin kembali lagi. berikut adalah kuliner khas Yogyakarta legendaris yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung.

Kuliner Jogja Istimewa

kuliner jogja

  1. Gudeg

Deretan Gudeg khas Yogyakarta memang bersanding dan mengunggulkan cita rasa tersendiri. Nah dari sekian banyak Gudeg yang ada di Yogyakarta, rugi jika kalian tidak menyantap salah satu gudeg paling favorit yaitu gudeg Yu Djum.

Berdiri sejak tahun 1951, gudeg Yu Djum memiliki khas yaitu disajikan dengan krecek pedas, ayam, telor bumbu, termasuk tahu dan tempe bacem.

  1. Sate Klathak

Sate Klathak tentu berbeda dengan sate pada umumnya. Disebut “Klathak” karena diambil dari proses pembakaran sate yang berbunyi “klathak-klathal”. Selanjutnya, sate ini terbuat dari daging kambing muda yang dibakar dan hanya dibumbui garam dan merica. Ukuran sate ini juga tiga kali lebih besar daripada ukuran sate pada umumnya. Sate yang pada umumnnya distusuk dengan bamboo, sate klathak ditusuk dengan jeruji besi. Dari beberapa sate Klathak yang ada di Jogja, Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu sate Klathak yang digemari para pengunjung.

Sate Klathak pak Pong dibanderol harga Rp. 14.000. apabila ingin ditambah dengan nasi putih dan es teh manis pengunjung hanya menambah Rp. 6000, sehingga dengan Rp. 20.000. murah dan kenyang kan?

  1. Brongkos

Brongkos merupakan kuliner legendaris khas Jogja yang tidak kalah nikmat dengan kuliner lain. Perpaduan daging sapi, kluwak, sayur, dan diolah dengan berbagai jenis rempah pada awalnya hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan. Akan tetapi sekarang siapapun bisa menikmati makanan sehat yang enak dan bergizi. Salah satu Brongkos favorit di Jogja adalah Brongkos Bu Padmo. Buka dari pukul 07.00 hingga 17.30 warung brongkos bu Padmo selalu ramai. Harga yang dibanderol untuk satu porsi Brongkos mulai dari Rp.20.000 hingga Rp. 30.000. sebanding lah ya untuk menyantap makanan kaum priyayi pada zamannya. 😀

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng Beringharjo terkenal dari perpaduan kuliner Jawa dan Cina. Terkenal sejak tahun 1960, Nasi Goreng Beringharjo menjadi salah satu kuliner legendaris khas Yogyakarta.

  1. Angkringan

Berkunjung ke Yogyakarta juga kurang lengkao jika tidak mampir ke Angkringan. Umumnya, angkringan dikenali dengan gerobak yang membawa makanan murah seperti nasi kucing, sate usus, gorengan-gorengannya dan khasnya adalah lauk pauk tersebut biasanya dibakar terlebih dahulu. Angkringan di Yogyakarta bisa kalian temui di sudut Jogja manapun. Namanya juga khas Yogya 😀

  1. Soto

Berkuliner Soto juga perlu dilakukan jika Anda suka makanan yang berkuah. Dari beberapa soto yang ada di Yogyakarta, soto Kadipiro Yogyakarta merupakan salah satu soto yang legend. Berdiri di sejak tahun 1912, soto dari resep asli bapak Karto Wijoyo ini tidak begitu berbeda dari soto pada umumnya yaitu kuah kaldu bening yang dicampur dengan kol, suwiran daging, taoge, bawang goring dan seledri. Sebagai pelengkapnya kamu bisa menambah dengan nasi, perkedel, tempe bacem, sate, ataupun ayam kampong suwir.

  1. Bakmi Jawa

Bakmi jawa tidak kalah nikmat dengan makanan khas lain yang ada di Yogyakarta. Bakmi Jawa yang bisa dijadikan rekomendasi adalah bakmi Jawa Mbah Hardi Terban. Bakmi ini memiliki tekstur bakmie yang kenyal dan besar disertai bumbunya yang membuat cita rasa bakmi mbah Hardi menjadi idola. Kamu bisa memesan bakmi goreng maupun rebus sesuai selera.

  1. Ayam Geprek

Ayam geprek di Yogyakarta merupakan salah satu kuliner yang wajib diserbu. Digeprek yaitu diulek bersama cabai yang bisa dipilih sesuai selera. Ayam geprek di Jogja yang khas dan legend bisa kamu datangi ayam geprek bu Rum.

  1. Oseng Mercon

Oseng mercon bu Narti adalah satu dari beberapa oseng mercon yang ada di Yogyakarta. Bagi kebanyakan orang tentu oseng mercon tidaklah begitu menarik. Hanya nasi putih yang kelilingi oeseng-oseng seperti kikil, kulit, gajih, dan tulang muda yang mana orang Jogja menyebut koyoran. Mercon diistilahkan untuk hidangan pedasnya cabai yang menempel di koyoran. Sehingga sensasi yang ditimbulkan akan meledak seperti mercon atau petasan.

  1. Mangut Lele

Dari sekian banyak mangut lele yang ada di Jogja, Mangut Lele Mbah Marto dijadikan salah satu rekomendasi kuliner yang wajib dikunjungi. Ikan lele yang diasapi ini ditusuk dan diasap hingga kehitaman. Setelah itu barulah dibumbui dengan cabe merah pedas dan kuah santan. Khasnya adalah pengunjung bisa langsung ke dapur dan mengambil makanan sendiri. Barulah setelah selesai makan pengunjung mengaku telah menyantap apa saja yang hidangannya. Karena disini Mangut Lele tidak sendirian, si Mangut Lele ditemani oleh gudeg, garang asem, oseng-oseng, dan juga sambel krecek.

10 dari banyaknya kuliner khas Kota Istimewa yang legendaris ini semoga menjadi referensi makanan ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta ya! Kapan ke Jogja lagi?

This template supports the sidebar's widgets. Add one or use Full Width layout.